Sel. Jun 22nd, 2021

Lauser News

Bijak Dalam Mengabarkan

Akhir Tahun Ini 15 Juta Masyarakat Indonesia Sudah Bisa Menikmati Vaksin Corona

1 min read

Foto : Erick Thohir Menteri BUMN Sekaligus Ketua Pelaksana Komite Kebijakan Penanganan Virus Corona (Covid-19)

LauserNews – Jakarta. Ketua Pelaksana Komite Kebijakan Penanganan Virus Corona (Covid-19) Erick Thohir mengungkapkan 15 juta orang bisa mendapatkan vaksin pada tahun 2020.

Hal itu bisa dilakukan bila hasil uji klinis yang dilakukan saat ini bisa selesai sesuai dengan waktu yang diharapkan. Pasalnya saat ini Indonesia tengah mendapatkan komitmen 30 juta dosis vaksin tahun 2020. “Kita akan mendapatkan 30 juta vaksin. Kalau 1 orang memerlukan 2 dosis, 15 juta orang yang divaksin kalau uni klinis sesuai,” ujar Erick saat rapat dengan Komisi IX DPR, Kamis (27/8).

Indonesia saat ini melakukan kerja sama dengan dua produsen vaksin. Pertama adalah Sinovac dari China yang bekerja sama dengan PT Bio Farma (Persero). Sinovac melakukan transfer teknologi sehingga nantinya Bio Farma dapat memproduksi vaksin tersebut. Indonesia mendapatkan komitmen 20 juta dosis pada tahun 2020 dan 250 juta dosis pada tahun 2021.

Kedua, Indonesia juga melakukan kerja sama dengan Uni Emirat Arab (UEA) melalui PT Kimia Farma dengan G42. G42 melakukan uji klinis di UEA dengan sampel 45.000 dari 85 suku bangsa. “Sepertinya Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) bisa menerima uji klinis yang berjalan di UEA,” terang Erick.

Kedua jenis vaksin tersebut harus disuntikkan sebanyak dua kali dengan rentang waktu dua minggu. Selain itu Erick bilang vaksin yang ada saat ini tidak berlaku selamanya. “Vaksin yang ditemukan berjangka waktu 6 bulan sampai 2 tahun jadi bukan selamanya,” ungkap Erick.

Selain itu vaksin juga baru bisa digunakan untuk orang berusia di atas 18 tahun. Sementara pengembangan terus dilakukan agar vaksin bisa diterima oleh anak-anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.