Sel. Jun 22nd, 2021

Lauser News

Bijak Dalam Mengabarkan

Kemenlu Panggil Perusahaan Penyalur ABK Terkait Video Viral ABK Indonesia yang Disiksa di Kapal China

1 min read

Judha Nugraha. Direktur Perlindungan Warga Negara dan Bantuan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri

LAUSERNEWS.com, Jakarta – Direktur Perlindungan Warga Negara dan Bantuan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Judha Nugraha mengatakan, pihaknya tengah menindaklanjuti kasus empat anak buah kapal (ABK) Indonesia yang meminta pertolongan pemerintah karena diduga mendapat siksaan di kapal China.

Salah satu tindaklanjutnya, kata Judha, adalah memanggil perwakilan PT Raja Crew Atlantik (RCA) selaku perusahaan penyalur empat ABK tersebut.

“(Memanggil) Raja Crew Atlantik sebagai perusahaan yang menyalurkan pengiriman keempat ABK tersebut. Namun hingga saat ini kami belum mendapatkan tanggapan,” kata Judha melalui telekonferensi, Kamis (27/8/2020).

Ia melanjutkan, Kemenlu juga telah berkoordinasi dengan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sebagai kementerian yang mengeluarkan izin terhadap perusahaan yang menempatkan ABK ke luar negeri.

Menurut Judha, berdasarkan informasi dari Kemenaker dan kemenhub, PT RCA tidak memiliki izin menempatkan ABK warga negara Indonesia (WNI) ke luar negeri.

“Kementerian Luar Negeri juga telah berkoordinasi dengan KBRI kita yang ada di Beijing,” ujar dia.

“Untuk meminta konfirmasi dari otoritas RRT (Republik Rakyat Tiongkok) termasuk juga kepada pihak pemilik kapal mengenai kronologis dan informasi lengkap mengenai peristiwa tersebut,” lanjut Judha.

Kemenlu telah mencoba menghubungi pihak-pihak terkait termasuk orang yang pertama kali mengunggah video empat ABK tersebut.

Diketahui, sebuah unggahan dan video beberapa ABK WNI meminta pertolongan karena diduga mengalami penyiksaan di kapal China, viral di media sosial.

Unggahan tersebut dibagikan oleh akun Facebook Aguzz Jhe Ahmad pada Senin (24/8/2020).

Dalam unggahannya, terdapat satu video mengenai pengakuan para ABK yang dianiaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.